Rabu, 27 Maret 2013

Mengajak mahasiswa kreatif (Diskusi S. endokrin bersama Bpk. Arif Wibawa)

Mengajak Mahasiswa Kreatif

Foto di bawah artikel ini adalah suasana ketika diskusi di dalam kelas. Kelompok penyaji mempresentasikan hasil kerja kelompok berupa media interaktif tentang asuhan keperawatan pada pasien dengan diabetes melitus.

Media interaktif dibuat secara sederhana menggunakan power point, tinggal kreatif dalam merancang simulasi kasus dan memainkan hyperlink (lihat artikel tentang cara membuat media interkatif dengan power point). Hasilnya cukup bagus. Kelompok penyaji dapat membuat media interaktif dengan desain yang cukup bagus dan menarik. Bahkan dilengkapi juga dengan animasi.

 Secara bergantian anggota kelompok melakukan presentasi dan mengajak audien untuk berpartisipasi menjawab pertanyaan. Mungkin akan lebih menarik bila setiap mahasiswa yang menjawab benar diberi hadiah.

Proses belajar ini cukup menarik, mahasiswa harus menguasai konsep penyakit dan asuhan keperawatan sebelum membuat simulasi kasus. Kemudian mahasiswa juga dituntut kreatif mendesain pertanyaan dan media interakrifnya. Intinya mahasiswa dituntut belajar sambil melakukan sesuatu serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat karena hasil kerja kelompok dishare dengan kelompok lain. .

Yang menarik lagi, mahasiwa dijamin dapat nilai minimal B, tinggal aktif dalam proses kerja dan diskusi untuk upgrade nilai ke A.

Good luck...

Respond by . . . Miftia Yunanda Putri :

Alhamdulillah . . . makasih pak atas kritik dan saran yang membangunnya . . . ini akan kami jadikan pelajaran yang berharga, dan akan kami ingat . . . bahwasannya pada saat mempresentasikan kepada orang lain tidak hanya kreatif dalam visualanya saja . . . tp juga perlu kreatif dalam menyampaikan kepada orang lain sehingga orang lain mengerti apa yang kami sampaikan . . . salah satunya yaitu dengan paham materinya. . . .

untuk memberi reword kpd peserta/penanya tadi sdh sempat terfikir... tetapi karena keputusan kt ambil dari banyak kepala (semua kelompok 3), dan hasil terbanyak adalah tdk adanya reword jdi mau tdk mau kmi harus menghargai keputusan kelompok . . . hehehe

dan juga kepada tmn2 yang memberi masukan kepada kami, serta teman-teman yang ikut berpartisipasi aktif dalam jalannya diskusi ini kami ucapkan banyak terimakasih . . . insyaallah kami kelompok 3 akan memperbaikinya . . . sukses terus untuk kita semua amiiiin . . . . :D :D :D :D

(Mewakili Kelompok 3)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates